wahyusuwarsi.com

IBU MUDA YANG KONSISTEN NGEBLOG



ALASAN NGEBLOG


Ibu muda berputra 2 ini saya kenal lewat kelas Blogspedia Coaching, karena kebetulan saya berada dalam satu wali kelas atau satu kelas kecil. Mbak Yusti saya biasa memanggil beliau, lahir dan besar di Jogja. Beliau adalah ibu dari 2 orang putra yang berumur 3 tahun dan 7 tahun, dan saat ini berdomisili di Tangerang. Beliau sangat menginspirasi untuk saya tulis profilnya di blog saya. Bagaimana beliau konsisten ngeblog di tengah kesibukannya sebagai full mom?

Saya salut terhadap beliau, di tengah kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, masih menyempatkan untuk ngeblog dan menulis secara rutin. Padahal saya bisa membayangkan, mengurus 2 anak yang satu masih SD klas 2 dan satunya masih balita. Pastinya membutuhkan perhatian dari sang ibunda, belum lagi ditambah tugas domestik rumah tangga. Saat itu saya juga pernah merasakan fase tersebut, hanya saja saat itu saya belum mulai menulis.

Tertarik dunia literasi sejak duduk di bangku SD yang pada waktu itu suka membaca majalah anak-anak, majalah Bobo yang waktu itu ngetrend, menginjak SMP mulai suka membaca novel teenlit, kemudian mulai suka baca novel-novel remaja dan buku chicken soup ketika SMA. Sedangkan untuk menulis, awalnya suka menulis jurnal-jurnal pribadi saja.

Mengapa beliau suka ngeblog? Dikutip dari artikel di blog nya berjudul Why Blogging? Alasan Terbesar Blogging? Blog tersebut adalah blog dari mbak Yusti, bahwa alasan terbesar ngeblog adalah:

· Blog lebih personal, karena bisa menyisipkan banyak gambar-gambar dan kata-kata seperti yang diinginkan (atau istilahnya “kita banget”).

· Pemilik blog bisa berbagi banyak hal bermanfaat untuk pembaca.

· Blog bisa mengeksplorasi diri sendiri, secara tidak langsung bisa lebih mengenal apa yang ingin diungkapkan, apa yang ingin dituliskan dan dijelaskan.

Dari hobinya menulis, saat ini sudah terbit karyanya berupa dua buah buku antologi berjudul:

1. Impianku belum mati

2. The Journey of self love




Buku-antologi-karya-mbak-Yusti


Buku Impianku Belum Mati mengisahkan tentang cita-cita sejak kecil yang selalu berubah- ubah dan sampai saat ini setelah dewasa berusaha mencari impian yang lain.Sedangkan buku kedua yakni The Journey of self love menceritakan tentang usaha untuk berdamai dengan diri sendiri, berusaha menerima diri sendiri bagaimanapun keadaannya.

Beliau belum pernah mengikuti kelas menulis, jadi merasa belum punya ilmu menulis
yang murni, namun sudah menghasilkan dua karya buku terbit. Hebat ya ...


BERGABUNG DENGAN BLOGSPEDIA


Niche atau tema blognya adalah movie dan drama review. Tujuan awalnya adalah untuk menyalurkan hobi nonton, namun ke depannya akan lebih serius menekuni dunia blog untuk mendapatkan penghasilan sebagai blogger.

Bergabung dengan Blogspedia Coaching, mendapatkan ilmu tentang blogging dari dasar. Menurutnya, di Blogspedia Coaching diajarkan materi per materi secara detail dan diajarkan juga langkah-langkah membuat blog. Pengajaran dilakukan secara online dan peserta dibimbing langkah demi langkah cara ngeblog dan setting blog agar sesuai SEO on page.

Dalam menulis tidak jarang ada kendala-kendala, misalnya dalam pengembangan ide dan struktur menulis. Untuk itulah kemudian memutuskan bergabung dengan Blogspedia Coaching, salah satu tujuannya adalah mendapatkan ilmunya. Nah, di Blogspedia Coaching inilah diajarkan juga cara mengatasi writer block atau kendala bila macet ide dalam tulisan. Mengatasi macet ide salah satunya adalah menonton film. Jadi cocok sekali dengan niche blog mbak Yusti yang memilih review film dan drama. Selain untuk refreshing juga sekaligus bisa mereview tayangan tersebut.

Kapan waktu yang efektif untuk menulis? Itu adalah salah satu pertanyaan yang saya tujukan kepada mbak Yusti. Karena kedua anaknya masih SD dan balita, maka waktu untuk menulis sangat disesuaikan dengan kondisi kedua buah hatinya. Waktu yang tepat untuk bisa menulis adalah malam hari saat kedua buah hatinya sudah tidur. Menulis butuh ketenangan hati dan pikiran., karena apa yang kita tulis mencerminkan suasana hati kita. Bila hati tenang, menulis akan lancar dan akan sangat mudah menuangkan ide-ide yang ada di kepala kita. Sedangkan siang hari adalah waktu untuk mendampingi dan merawat kedua buah hatinya, selain itu juga waktunya untuk pekerjaan domestik sebagai ibu rumah tangga. Selain melakukan pekerjaan rutin di siang hari dan sore hari, misalnya menjemput sekolah, merawat si kecil, biasanya juga disempatkan untuk membaca materi-materi Blogspedia Coaching atau mungkin membaca buku bacaan sebagai bahan referensi menulis.


TIPS AGAR KONSISTEN NGEBLOG


Saya juga sempat bertanya kepada mbak Yusti beberapa tips agar konsisten ngeblog. Mengingat kesibukan beliau sebagai full mom, namun masih menyempatkan waktu dan konsisten ngeblog. Berikut ini beberapa tips dari mbak Yusti agar konsisten ngeblog dikutip dari:

https://icetotea.blogspot.com/Why Blogging?Alasan terbesar blogging?

Membuat agenda atau planner.


Agenda atau planner bisa dibuat mingguan ataupun bulanan. Dalam hal ini kita yang menentukan akan berapa kali update blog dalam seminggu ataupun sebulan. Misalkan 2 kali dalam seminggu atau 2 kali dalam sebulan kita harus konsisten posting di blog. Agar blog tidak jadi sarang laba- laba. Sebagai full mom harus bisa mengatur waktu, kapan bisa fokus menulis untuk blog.

Jangan sampai kegiatan satu dan lainnya saling terganggu waktunya. Siang atau sore adalah waktu untuk keluarga dan bila memungkinkan bisa membaca di sela-sela waktu. Malam hari adalah waktu untuk fokus menulis disaat buah hatinya sudah beristirahat dan tidur.
 

Membuat skala prioritas


Skala prioritas dibuat untuk sesuatu yang mendesak (level 1) dan yang kurang mendesak (level 2).

Membuat to do list (durasi waktu)


Membuat catatan durasi waktu untuk setiap kegiatan (to do list). Tulislah apa yang akan dikerjakan dalam 1 hari dan catat durasi waktunya. Dalam membuat tulisan misalnya, kita dapat mencatat apa yang akan kita tuliskan dalam satu artikel (point-point dalam artikel).


Disiplin


Harus disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat.

Itulah tulisan saya tentang profil seorang wanita muda yang menginspirasi saya dan sangat konsisten dalam menulis yaitu mbak Yusti. Semoga saya dapat meniru semangatnya dan kedisiplinannya sehingga bisa konsisten menulis. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.



Sumber:

https://icetotea.blogspot.com/Why Blogging?/Alasan Terbesar Blogging?



7 komentar

  1. terima kasih bu untuk tulisannya. semoga bisa terus belajar bareng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Yusti. Semangat belajar bareng njih mbak.

      Hapus
  2. Jadi malu sama beliau, aku yg masih gadis ini banyk malasnya dari pada rajinnya. Blogku udh kayak sarang laba² ga ada tulisan baru🙈

    BalasHapus
  3. Wah satu lagi saya saksikan; suka baca dr kecil ternyata bikin literasi seseorang tumbuh dg baik seperti bu Yusti ❤️ terimakasih tulisannya bu

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah.. konsisten memang sulit sekali. Ibu hebat sekali bisa konsisten ngeblog meski dengan peran sebagai ibu rumah tangga yang tentu nggak mudah. Jadi tamparan keras buat saya yang masih belum bisa konsisten :)

    BalasHapus