wahyusuwarsi.com

MOTOR BARU BERSAMA WOM FINANCE


Perkuliahan tahun ajaran baru sebentar lagi akan dimulai. Akan tetapi kami masih bingung, bukan karena bayar uang gedung. Untuk urusan uang gedung sudah kami lunasi. Lalu apa yang membuat saya dan suami bingung?

Ya ... kami bingung masalah sarana transportasi untuk anak kami,  yang diterima di Universitas Negeri Semarang atau Unnes. Jarak rumah kami dengan kampus Unnes cukup jauh. Bila ditempuh dengan kendaraan pribadi, memakan waktu satu jam. Namun bila naik angkutan umum, bisa lebih dari 1,5 jam perjalanan ke kampus. Sedangkan dana kami belum cukup, seandainya anak kami indekost.

"Kita ambil kredit sepeda motor saja Bu, untuk kendaraan Andi ke kampus. Uang yang untuk biaya kost kan bisa dipakai untuk bayar cicilan sepeda motor," kata suami saya memberi saran.

Kebutuhan kendaraan bermotor (dalam hal ini sepeda motor) sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Walaupun saat ini sarana transportasi umum sudah banyak dan lebih mudah diakses. Akan tetapi ada beberapa keuntungan bila memiliki kendaraan bermotor, diantaranya adalah lebih praktis, lebih efektif, lebih hemat waktu dan lebih hemat BBM.


PERTAMBAHAN JUMLAH MOTOR DI INDONESIA

Pertambahan jumlah motor di Indonesia 10 tahun terakhir ini sangat berkembang.
Dilansir dari https://databoks.katadata.co.id bahwa dari laporan BPS pada akhir tahun 2022 ada sekitar 125,3 juta unit motor di Indonesia. Selama periode 2012-2022 jumlah sepeda motor di Indonesia sudah bertambah sekitar 48,9 juta unit atau tumbuh 64 % (lihat grafik).

Grafik- pertambahan- jumlah -motor-
di Indonesia (2022)
(Sumber: https://databoks.katadata.co.id)


Di bawah ini adalah daftar 10 provinsi dengan jumlah motor terbanyak pada tahun 2022 (sumber dari: https://databoks.katadata.co.id)
1.  Jawa Timur: 20,7 juta unit
2.  Jawa Tengah: 17,5 juta unit
3. DKI Jakarta: 17,3 juta unit
4. Jawa Barat: 13,4 juta unit
5. Sumatera Utara: 6,3 juta unit
6. Bali: 3,9 juta unit
7. Sulawesi Selatan: 3,89 juta unit
8. Riau: 3,6 juta unit
9. Lampung: 3,4 juta unit
10. Sumatera Selatan: 3,3 juta unit


Grafik -10 - provinsi- dengan- jumlah-
motor - terbanyak- (2022)
(Sumber: https://databoks.katadata.co.id)


Hal positif dari pertumbuhan jumlah motor ini menunjukkan bahwa industri otomotif dan daya beli masyarakat semakin kuat, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan dengan adanya pertumbuhan jumlah motor ini adalah menyebabkan polusi udara, kemacetan, mendorong konsumsi BBM yang banyak tergantung dari impor.


SEJARAH PT WOM FINANCE, Tbk

Mengutip dari www.liputan6.com PT Wahana Ottomitra Multiartha berdiri pada tahun 1982 dengan nama PT Jakarta Tokyo Leasing. Perusahaan ini bergerak di bidang pembiayaan sepeda motor merk Honda.

Kemudian pada tahun 2000, PT Jakarta Tokyo Leasing berganti nama menjadi PT WOM Finance. Perusahaan ini terus berkembang, dan kini mulai melayani pembiayaan sepeda motor dari Jepang yaitu Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

Tahun 2004 mendapat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan / Bapepam -LK untuk melakukan penawaran umum saham perdana.

Kemudian pada tahun 2005 PT WOM Finance menjadi bagian dari kelompok usaha PT Maybank Indonesia Tbk setelah  PT Maybank Indonesia  Tbk mengakuisisi 43 % kepemilikan saham PT WOM Finance.


PEMBIAYAAN MOTOR BARU DARI WOM

Akhirnya saya terima saran dari suami untuk beli motor baru secara kredit (cicilan). Setelah mencari referensi berbagai perusahaan pembiayaan sepeda motor, kami memutuskan mengambil kredit motor ke PT WOM Finance, Tbk  yang menjadi TOP 5 Multifinance di Indonesia.

Harga motor saat ini sangat beragam, mulai dari yang murah hingga terbilang mahal. Namun begitu kami masih bisa membelinya secara kredit. Keuntungannya adalah cukup membayar uang muka di awal, dapat memilih nominal cicilan sesuai kemampuan financial, dan dapat memilih masa tenor yang beragam.

Kami mendatangi kantor WOM Finance cabang Semarang yang beralamat di Ruko Metro Plaza Blok A1, Jl MT Haryono 970, Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan. Disana kami diterima dengan sangat ramah oleh staff nya.


Kantor -WOM- Finance- cabang Semarang
(Sumber dari www.wom.co.id)


Di WOM Finance, ada program pembiayaan kebutuhan untuk beli motor baru secara kredit (cicilan). Pembiayaan motor baru ini adalah layanan dari WOM Finance untuk memiliki sepeda motor baru dengan merk Honda, Yamaha dan Kawasaki. 


Motor baru bersama WOM Finance
Pembiayaan- motor-baru- dari-
 WOM- Finance
(Sumber: https://www.wom.co.id/motor-baru)
   

Sebelumnya kami diminta mengisi formulir Pengajuan Pembiayaan Motor Baru. Adapun persyaratan umum pengajuan Pembiayaan Motor Baru adalah:

1.  Fotocopi KTP dan Kartu Keluarga (KK)
2. Slip gaji atau bukti penghasilan bagi non karyawan
3. Fotocopi rekening listrik.

Alhamdulillah syarat-syarat tersebut sudah kami lengkapi dan persiapkan.

Kami memilih membeli sepeda motor dengan merk Yamaha, dengan tenor pembayaran hingga 36 bulan. Prosesnya sangat cepat dan pelayanannyapun memuaskan, dengan staff yang ramah menerima kedatangan kami. Kami merasa puas drngan layanan dari WOM Finance kepada kami selaku nasabah. 

Semoga ke depannya WOM Finance makin maju dan berkembang serta dapat turut serta mendorong dan memajukan perekonomian di Indonesia, terutama di   bidang industri otomotif.

Itulah artikel saya tentang pembiayaan motor baru di PT WOM Finance Tbk, perusahaan leasing yang terpercaya dan TOP 5 Multifinance Company di Indonesia. Semoga setelah membaca artikel ini, para nasabah makin mantap bekerjasama dengan PT WOM Finance Tbk.

Sumber:
https:// www.wom.co.id


#WOM Finance
#MembukaHarapan
#PembiayaanKebutuhan
#UntungAdaKAWAN
#CicilanEmas


Posting Komentar