wahyusuwarsi.com

PENGALAMAN MENGINAP DI BRALING GRAND HOTEL PURBALINGGA



Hari raya Idul Fitri tahun ini kami sekeluarga mencoba liburan di Purbalingga,  menengok orang tua kami yang saat ini tinggal disana. Akan tetapi karena terbatasnya kamar di rumah yang akan kami kunjungi, maka kami sekeluarga memutuskan untuk menginap di hotel atau penginapan di kota Purbalingga ini.

Mulailah kami hunting hotel di daerah Purbalingga. Hampir semua hotel disana penuh dan sudah dibooking karena saat ini adalah libur cuti bersama. Pemerintah mulai melonggarkan kegiatan masyarakat setelah 2 tahun tidak boleh pulang mudik disebabkan adanya PPKM karena pandemi.

Setelah hunting melalui internet, akhirnya kami menemukan sebuah hotel di kota Purbalingga, satu-satunya hotel berbintang 4 di kota tersebut. 

Hotel ini tepatnya terletak di Jl S. Parman, Kedung Menjangan Purbalingga di jalan utama yang lokasinya tidak jauh dari perkantoran. Braling Hotel merupakan kolaborasi antara Azana Hotels & Resort dengan pengusaha setempat yaitu pemilik  properti PT Sinergi Braling Propertindo. Letaknya sangat unik karena dibangun di areal persawahan dengan view Gunung Slamet.

Hotel bertingkat 7 lantai ini mempunyai 140 kamar, dengan type-type kamar Superior, Deluxe, Loft, Suite, Presidential. 

Kebetulan saya mendapat kamar Superior (waktu itu rate sekitar Rp 550.000) di lantai 3 yaitu Kamar Bougenvill,  dengan view sawah yang menghijau berlatar belakang Gunung Slamet yang gagah dan kota Purbalingga. Kamarnya cukup nyaman untuk beristirahat. Kamar mandi didesign dengan pintu model geser, dilengkapi dengan air panas dan air dingin serta shower, closet model duduk dan wastafel dengan perlengkapan toiletris.

Oya, tiap kamar juga dilengkapi sambungan akses Wifi yang sangat lancar dan dapat terjangkau di seluruh area hotel, jadi nggak usah khawatir buat tamu yang butuh sambungan internet. Selain itu tiap kamar terdapat fasilitas Smart TV, sehingga tamu hotel bisa menikmati siaran langsung dari berbagai channel televisi.


Kamar Hotel Braling


Koridor menuju kamar hotel


View pagi hari dari kamar hotel


View sore hari dari kamar hotel

Tempat parkir di hotel ini dibagi 2 yaitu basement dan di halaman luar. Sayang sekali untuk parkiran basement, pintu masuk mobil hanya cukup untuk 1 mobil saja sehingga harus menunggu giliran bila ada mobil yang akan keluar. Di sebelah kanan basement ada musholla. Dari basement ini ada pintu masuk yang langsung menghubungkan lobby hotel, di sebelah kanannya adalah lift untuk menuju ke kamar-kamar hotel di lantai atas.

Tamu yang membawa anak-anak dan ingin berenang bisa naik ke lantai 4 , disana ada  kolam renang (Sky pool)  dengan view Gunung Slamet dan kota Purbalingga. Tak hanya itu, di lantai 4 ini juga ada Sky B Longe dimana para tamu dapat menikmati kopi dan bersantai sambil mendengarkan alunan musik. Nah, untuk tamu-tamu yang pengin ngegym di hotel ini juga ada fitness center. Lengkap juga ya fasilitas di hotel Braling ini.

Kolam renang di lantai 4

Di hotel ini juga dilengkapi dengan sebuah ballroom yang besar, dimana dapat digunakan untuk pesta pernikahan atau event-event yang lain. Ada juga ruang pertemuan dengan ukuran lebih kecil, biasanya disewakan untuk meeting kantor-kantor. Lebih tepatnya adalah 1 ballroom besar  dan 8 meeting room.



Di lantai 1 terdapat Padi Resto yang menyediakan aneka menu Indonesia, Asia dan menu Western. Resto ini lumayan luas dan nyaman untuk menikmati hidangan bagi tamu hotel. Akan tetapi sayang sekali saat kami sarapan disini, beberapa makanan sempat habis dan terlambat untuk di isi lagi. Jadi kami harus menunggu beberapa saat sampai makanan dan minuman kembali dihidangkan. Mungkin hal ini disebabkan karena pada saat itu masih dalam suasana lebaran sehingga jumlah tamu memang ramai. Namun dari segi rasa, masakan disini lumayan enak juga.

Pintu masuk resto saat lebaran




Ada hal menarik saat saya masuk ke lobby hotel. Disana banyak dijumpai mobil-mobil dan sepeda antik yang dipajang di lobby, sehingga nggak membosankan duduk-duduk di lobby.





Nah teman-teman itulah sedikit pengalaman saya menginap di hotel Braling, hotel bintang 4 di Purbalingga. Semoga informasi ini bermanfaat bila mungkin teman-teman mampir di kota ini.





10 komentar

  1. Unik juga ya mba ada pajangan mobil dan motor antik gitu. Boleh nih rekomendasi hotelnya. Kapan-kapan klo ke Purbalingga udah ada gambaran mau nginep di mana.

    BalasHapus
  2. Hotelnya terlihat bersih dan nyaman buat istirahat ya mba. Lumayan buat rekomendasi kalo suatu saat melancong ke Purbalingga

    BalasHapus
  3. Teirma kasih infonya, Mbak Yayuk. Bisa jadi referensi nih. Foto-fotonya juga lengkap. Mantaap.

    BalasHapus
  4. wah..tampak nyaman ya mba hotelnya.. bisa nih dimasukkan pilihan jika ingin menginap di Purbalingga.
    terima kasih infonya mba..

    BalasHapus
  5. Waaa...Informasinya lengkap bgt mbak. Smoga suatu saat bisa mampir juga kesini...

    BalasHapus
  6. Etnik dan antik ya. Duh ada poolnya nyaman sekali jadi pengen ngerasain nginep juga di di situ Mba.

    BalasHapus
  7. Hotel2 sekarang harus bangey ya punya spot2 foto atau kolekai yg unik buat jd background pepotoan. Asyik jiga nih suasananya aku catet mbak pankapan klo ke purbalingga.bisa nginep di sini

    BalasHapus
  8. Kece juga nih lobby hotel ada ruang pamer untuk mobil dan motor antik gitu. Tamu hotel bisa foto-foto dulu sambil nungguin check ini ya.

    BalasHapus
  9. waktu indonesia bagian "duh jadi pengen jalan-jalan" namun apa daya bojo lebih suka quality time di rumah saja

    BalasHapus
  10. Wah, view di sky poolnya keren nih. Asyiknya bs berenang sambil nikmati view gunung Slamet. Ratenya jg masih terbilang okelah...

    BalasHapus